Tujuan pendidikan
adalah membantu peserta didik agar dapat berkembang secara optimal
sesuai dengan tujuan pendidikan
Psikologi
pendidikan:
} Ilmu yang mempelajari penerapan
teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan.
Kontribusi Psikologi Pendidikan Bagi Pendidikan
- Pengembangan Kurikulum
- Pengembangan Program Pendidikan
- Sistem Pembelajaran
- Sistem Evaluasi
1. PENGEMBANGAN KURIKULUM
} Kurikulum
adalah seperangkat program yg
direncanakan dan dilaksanakan baik di dalam maupun di luar sekolah untuk
mencapai tujuan pendidikan.
} Pengembangan
kurikulum dilakukan dgn mempertimbangkan aspek-aspek : (1) karakteristik
psikologis peserta didik; (2) kemampuan peserta didik untuk melakukan sesuatu
dalam berbagai konteks; (2) pengalaman belajar siswa; (3) hasil belajar
(learning outcomes), dan (4) standarisasi kemampuan siswa.
} Penyusunan
buku ajar didasarkan pada segi-segi psikologis peserta didik.
} Pengembangan
program pendidikan, misalnya penyusunan jadwal pelajaran, jadwal ujian, dst. dengan mempertimbangkan aspek
psikologis peserta didik;
} Penentuan
jurusan atau program;
} Pengembangan
program harus mengacu pada upaya pengembangan kemampuan potensial peserta
didik.
3. PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN
} Pemilihan
teori belajar yang akan diaplikasikan
} Pemilihan
model-model pembelajaran
} Pemilihan
media dan alat bantu pembelajaran
} Penentuan
alokasi waktu belajar dan pembelajaran
4. SISTEM EVALUASI
} Penentuan
teknik evaluasi (teknik tes atau teknik non tes)
} Penentuan
jenis tes (lisan, tulis, dan perbuatan, serta objektif atau subjektif)
} Penentuan
mengenai waktu pelaksanaan evaluasi
Psikologi
Sekolah:
} Penerapan ilmu psikologi berupa pemberian
pelayanan psikologis guna tercapainya tujuan pendidikan di sekolah
} Psikolog sekolah bertugas membentuk
individu yg sehat mental guna tercapainya proses belajar efektif, seperti :
} High
academic achievement
} Positive
social skills and behavior
} Healthy
relationships and connectedness
} Tolerance
and respect for others
} Competence,
self-esteem,
and resiliency
Fungsi psikolog
sekolah ada 3 tingkatan (Sukadji, 2000):
- Tingkat psikodiagnostik
- Tingkat klinis & Konseling
- Tingkat industri dan organisasi
} Assessment
} Consultation
for student, teacher, parents & staf
} Prevention
} Intervention
} Staff,
parent and
student education
} Research
and program development
} Mental
health care
Tidak ada komentar:
Posting Komentar