Minggu, 01 Juni 2014

Psikologi sekolah 

Tujuan pendidikan adalah membantu peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan
Psikologi pendidikan:
}  Ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan.


Kontribusi Psikologi Pendidikan Bagi Pendidikan
  • Pengembangan Kurikulum
  • Pengembangan Program Pendidikan
  • Sistem Pembelajaran
  • Sistem Evaluasi

1. PENGEMBANGAN KURIKULUM

}  Kurikulum adalah seperangkat program yg direncanakan dan dilaksanakan baik di dalam maupun di luar sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.
}  Pengembangan kurikulum dilakukan dgn mempertimbangkan aspek-aspek : (1) karakteristik psikologis peserta didik; (2) kemampuan peserta didik untuk melakukan sesuatu dalam berbagai konteks; (2) pengalaman belajar siswa; (3) hasil belajar (learning outcomes), dan (4) standarisasi kemampuan siswa.
}  Penyusunan buku ajar didasarkan pada segi-segi psikologis peserta didik.

 2. PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN

}  Pengembangan program pendidikan, misalnya penyusunan jadwal pelajaran, jadwal ujian, dst. dengan mempertimbangkan aspek psikologis peserta didik;
}  Penentuan jurusan atau program;
}  Pengembangan program harus mengacu pada upaya pengembangan kemampuan potensial peserta didik.

3. PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN

}  Pemilihan teori belajar yang akan diaplikasikan
}  Pemilihan model-model pembelajaran
}  Pemilihan media dan alat bantu pembelajaran
}  Penentuan alokasi waktu belajar dan pembelajaran

4. SISTEM EVALUASI

}  Penentuan teknik evaluasi (teknik tes atau teknik non tes)
}  Penentuan jenis tes (lisan, tulis, dan perbuatan, serta objektif atau subjektif)
}  Penentuan mengenai waktu pelaksanaan evaluasi


Psikologi Sekolah:
}  Penerapan ilmu psikologi berupa pemberian pelayanan psikologis guna tercapainya tujuan pendidikan di sekolah
}  Psikolog sekolah bertugas membentuk individu yg sehat mental guna tercapainya proses belajar efektif, seperti :
}  High academic achievement
}  Positive social skills and behavior
}  Healthy relationships and connectedness
}  Tolerance and respect for others
}  Competence,  self-esteem, and resiliency

Fungsi psikolog sekolah ada 3 tingkatan (Sukadji, 2000):
  1. Tingkat psikodiagnostik
  2. Tingkat klinis & Konseling
  3. Tingkat industri dan organisasi
 Pelayanan psikologis:
}  Assessment
}  Consultation for student, teacher,  parents & staf
}  Prevention
}  Intervention
}  Staff,  parent  and student education
}  Research and program development
}  Mental health care

Semoga Bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar