Minggu, 23 Maret 2014

Teori Vygotsky

halooo semuaa ^_^

Kali ini saya akan membahas teori menurut salah satu tokoh dalam bidang psikologi pendidikan yaitu Lev Vygotsky, seperti namannya sudah pasti ia berasal dari Rusia. Beliau lahir pada tahun 1896 dan wafat pada tahun 1934. Seperti temannya yaitu Piaget, Vygotsky juga percaya bahwa anak aktif dalam menyusun pengetahuan mereka. Adapun asumsi Vygotsky yaitu :


  • Keahlian kognitif anak dapat di pahami apabila dianalisis dan diinterpretasikan secara deveplomental (perkembangan). Jika mengambil contoh dari pengalaman pribadi saya, ketika saya sedang belajar mengendarai sepeda tahap pertama saya pasti akan di bantu atau di tuntun oleh orang tua atau teman dekat saya, namun semakin lama saya akan belajar dengan sendririnya sehingga tidak perlu lagi bantuan orang lain.
  • Kemampuan kognitif dimediasi dengan kata,bahasa,dan bentuk diskursus,yang berfungsi sebagai alat psikologis untuk membantu aktivitas mental. Contohnya : Ketika saya sedang dapat pengajaran tentang mengendarai sepeda yang baik dan benar, saya akan di beritahu bagaimana trik dan tips untuk bisa mengendarai sepeda tersebut.
  • Kemampuan kogntif berasal dari relasi sosial dan di pengaruhi oleh latar belakang sosialkultur. Contohnya : Ketika masa kanak-kanak saya selalu di ajarkan kalau sedang berada di luar rumah untuk bermain lebih baiknya kembali ke rumah sebelum adzan maghrib, karena pantang kata orang tua saya jika kita berada di luar pada waktu maghrib.
Adapun beberapa teori lagi yang di kemukakan oleh Lev Vygotsky yaitu ada bahasa dan pemikiran. Menurutnya teori ini untuk mengatur perilaku anak-anak. Terdapat 2 penggunaan bahasa dalam teori Vygotsky ini yaitu Inner speech dan Private speech.

  • Inner speech juga bisa dikatakan pembicaraan batin. Contohnya : Ketika saya masih kanak-kanak tingkat keiniginan sesuatu yang baru atau yang di miliki orang lain akan sangat tinggi, saya sering berbicara dalam hati saya sendiri ketika ingin memiliki sesuatu. Seperti itulah yang di namakan dengan Inner speech.
  • Private speech atau bicara yang berpusat pada diri sendiri, biasanya pembicaraan dengan metode ini dilakukan oleh anak yang berkisar 3 sampai 7 tahun. Contohnya : Ketika saya di belikan mainan saya akan memperagakan sedemikian rupa dengan apa yang telah saya ketahui tentang hal itu, jika saya d belikan mobil-mobilan saya akan menirukan suara dari mobil tersebut, dan begitu juga jika saya mendapat mainan yang lain.
Itulah beberapa teori dari Lev Vygotsky, ia meyakini bahwa anak-anak harus menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain sebelum mereka bisa fokus ke dalam pemikiran. Semoga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar